Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan adalah agenda pembangunan dunia tahun 2030 yang telah menjadi komitmen semua negara di dunia, termasuk Indonesia. Berbeda dengan Millenium Development Goals (MDGs) sebelumnya, target SDGs jauh lebih komprehensif, meliputi 17 sasaran yang memadukan keterkaitan antara aspek ekonomi sosial, lingkungan yang diperkuat oleh tata kelola yang baik. Ada lima pilar dalam SDGs, yakni SGDspeople, planet, prosperity, peace dan partnership dan juga sasaran-sasarannya tersebut diimplementasikan dalam konteks lokal baik itu daerah, kota, atau komunitas. Spirit implementasi dalam konteks lokal ini juga sejalan dengan prinsip SDGs yang bersifat bottom up dengan berbasis pada komunitas-komunitas.


Bergerak dari kesadaran di atas, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila (FEB UP), berencana membentuk Unit Advokasi Ekonomi SDGs sebagai bagian dari aktivisme FEB UP dalam mewujudkan target-target SDGs dalam konteks lokal. Oleh karena itu, “localizing the SDGs” menjadi tema besar yang akan dibawa Unit Advokasi Ekonomi SDGs FEB UP dalam peran kelembagaannya.


Unit Advokasi Ekonomi SDGs FEB UP bertujuan menjadi pusat layanan unggul (centre of excellence) bidang kemahasiswaan tingkat perguruan tinggi dalam rangka localizing the SDGs. Untuk mencapai hal tersebut, Unit Advokasi Ekonomi SDGs FEB UP akan (i) memperkuat peran mahasiswa sebagai kader dan duta SDGs untuk bisa berpartisipasi aktif dalam forum-forum terkait SDGs, (ii) memfasilitasi peran aktif mahasiswa dalam melakukan penelitian mengenai isu-isu ekonomi SDGs, dan (iii) membangun kesadaran publik dan mengadvokasi pembangunan berkelanjutan melalui kerjasama dan aliansi dengan ekosistem SDGs.


Fokus pada mahasiswa merupakan faktor pembeda Unit Advokasi Ekonomi SDGs FEB UP dengan SDGs Unit yang telah ada di kampus-kampus lain yang selama ini kegiatannya lebih didominasi oleh dosen. Sebagai calon pemimpin masa depan, menjadi hal yang penting untuk mahasiwa sedari awal memahami dan terlibat dalam visi global di masa depan. Sebab, dalam 15-20 tahun ke depan, bukan hanya mahasiswa secara langsung merasakan outcome dari SDGs, tapi mereka juga akan menjadi pemeran utama (key driver) yang akan memastikan berjalannya program pembangunan berkelanjutan. Untuk alasan-alasan inilah mengapa upaya peningkatan kesadaran mengenai sasaran-sasaran SDGs dan agenda pembangunan berkelanjutan menjadi vital di kalangan mahasiswa. Unit Advokasi Ekonomi SDGs FEB UP ingin membangun platform diskusi dan menciptakan ekosistem bagi mahasiswa untuk dapat berpartisipasi aktif dalam isu-isu global di tingkat lokal —localizing the SDGs.

 

RENCANA AKSI UNIT ADVOKASI EKONOMI SDGs FEB UP

Untuk mencapai tujuan performatif organisasi di atas, Unit Advokasi Ekonomi SDGs FEB UP merancang sejumlah rencana aksi yang diturunkan dari misi organisasi. Secara total terdapat 17 usulan kegiatan selama periode 2021 – 2024 yang diselenggarakan secara berkala setiap tahun. Dalam perkembangannya, usulan kegiatan dapat disesuaikan kembali atas pertimbangan.

 

RENCANA KEGIATAN UNIT ADVOKASI EKONOMI SDGs FEB UP

Last Updated (Tuesday, 11 August 2020 09:01)

 
Jajak Pendapat
Apa saja yang utama harus diperbaiki di Fakultas Ekonomi
 
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner
Banner